Jumat, 22 Oktober 2010

Hidden File dengan Comand Prompt

Kemaren sore, salah seorang sahabat yang bernama Buyuang, 21 thn (nama samaran dan umur yang pura2 masih muda) berkunjung ke kostku dan bertanya, “ngga, lo tau ga cara nyembunyiin file ato folder, soalnya di komputer gw lagi ada data penting neeh, takut ntar di utak atik ama orang lain, maklum komputer satu untuk semua.. hehe..!
Ondeh mandeh buyuuang… masa cuma buat nyembunyiin file aja ngadu ama gw? Lo kan bisa klik kanan ntu File ato Folder, trus klik hidden.. gampang kan?” jawabku.
Klo cuma itu, gw ga perlu nanya ma lo.. gw juga bisa. Masalahnya, klo Cuma hidden biasa kayak gitu, masih bisa ketahuan klo dibuka pake Folder Option, gw maunya hidden yang sebenar-benar hidden yang ga bisa ketahuan sama orang lain.. bisa ga’..?? bantah buyuang dengan sewot.
Ooo.. gampang, kita sembunyiin aja pake command prompt.. tapiii, ada syaratnya, lo beliin gw minuman trus cemilan dulu gih.. abis ntu baru gw kasih tahu.. deal..??
Siip..” Kemudian dengan semangat 45, buyuang berlari menuju warung depan kost dan membeli dua botol minuman dengan beberapa wafer dan coklat…
Okee.. sekarang kita mulai tutorialnya….!!!
Untuk Menyembunyikan Folder :
Yang paling penting sekali, kita harus tahu nama folder yang ingin disembunyikan. Seperti contoh sebuah folder yang diberi nama Rahasia. Kalau bisa sih, bikin nama folder yang agak unik, yang hanya kita yang tahu, layaknya sebuah password gitu..
sshot-1a
Selanjutnya ikuti langkah-langkah berikut :
  1. Jalankan program Ms Dos Prompt atau Command Prompt, caranya klik Start → All Program → Accessories → Command Prompt. Atau bisa juga dengan cara Start → run, dan pada kolom Open, ketik cmd.sshot-1
  2. Kemudian akan tampil layar Command Prompt seperti ini,sshot-2
  3. Kita harus tahu dimana lokasi folder yang ingin sembunyikan, contohnya, suatu folder yang kita beri nama Rahasia yang kita letakkan pada Drive D:, maka pada Command Prompt, ketik D: kemudian Enter. Sehingga keluar tampilan seperti gambar di bawah ini,sshot-3
  4. Selanjutnya, ketik perintah attrib Rahasia +S +H lalu pencet tombol Entersshot-4
  5. Folder akan otomatis tersembunyi jika kita mengetikkan kode yang tepat sesuai dengan nama folder yang akan disembunyikan tersebut.
  6. udaahh.. gitu aja kok…!!
  7. Jika anda ingin menampilkan kembali folder yang disembunyikan tadi, ikuti langkah ke-1 sampai langkah ke-3 kemudian pada langkah ke-4, ganti perintah dengan perintah attrib Rahasia –S –H kemudian Enter.sshot-6
Untuk menyembunyikan File :
Sama seperti langkah-langkah menyembunyikan Folder. Namun Karena Sebuah File membawa format tertentu seperti Gambar atau Foto yang dibarengi ekstensi .jpg atau .png, dan seperti file audio yang berformat .mp3 atau .wav dan lain sebagainya, perintah pada Command Prompt juga berbeda. Seperti contoh, kita memiliki file Gambar yang diberi nama Fotoku.jpg yang diletakkan di sebuah folder pada Drive D:
sshot-10
  1. (sda)
  2. (sda)
  3. (sda)
  4. Ketik perintah attrib +R +A +S +H “Fotoku.jpg” /S /D kemudian Enter, terlihat seperti gambar dibawahsshot-7
  5. Dan Otomatis, File tersebut akan tersembunyi.
  6. Untuk mengembalikannya ketik attrib –R –A –S –H “fotoku.jpg” /S /D kemudian pencet enter lagi..sshot-8
Gituu deeh.. gimana buyuang, mau coba…??” tanyaku kepada buyuang sambil meneguk minuman yang tadi dibelinya.
Siipp..!! makasih, gw cabut dulu yaah..!!” Kemudian buyuang pun kabur meninggalkanku sendiri di kost..


NB. Semoga bermanfaat juga buat sahabat-sahabat yang udah baca postingan ini…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar